Thursday, October 21, 2010

Kopi Bubuk... ^_^

Kopi bubuk mengandung serat, gula, lemak, protein, mineral, asam-asam organik, komponen aroma, komponen citarasa, dan komponen organik lainnya. Komponen terbanyak adalah serat, dan sifatnya tidak larut dalam air. Komponen yang larut dalam air ketika kopi bubuk diseduh adalah gula, protein, mineral, asam organik, komponen aroma, dan komponen citarasa. Komponen kopi yang dianggap penting adalah kafein. Kafein larut dalam air seduhan. Kafein memiliki rasa pahit dan memberikan efek penstimulasi (meransang kerja syaraf).


Telah banyak dilakukan penelitian mengenai efek kafein terhadap kesehatan. Efek kafein terhadap kesehatan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Efek positif kafein antara lain mengurangi risiko penyakit Alzheimer's, pikun, Parkinson's, mengurangi risiko penyakit batu ginjal, meningkatkan daya ingat, mengurangi rasa sakit kepala, mengurangi risiko penyakit diabetes mellitus tipe 2, mengurangi risiko cirrhosis hati, memperlancar buang air kecil dan besar, dan mengurangi kerusakan gigi.


Efek negatif kafein antara lain, menyebabkan gangguan lambung dan usus, menyebabkan kecemasan dan insomnia, meningkatkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan risiko penyakit jantung, serta menyebabkan kekurangan zat besi (anemia). Efek mengkonsumsi kopi bubuk lebih kuat dibandingkan dengan efek mengkonsumsi kopi instan. Berdasarkan efek kafein terhadap kesehatan, bagi peminum kopi disarankan konsumsi kopi dibatasi 1-2 cangkir sehari. Sumber lain mengatakan 1-3 cangkir sehari. Wallahu a'lam bish showwab.


Sumber: Majalah Ummi

No comments:

Post a Comment