Saturday, July 3, 2010

PUASA TAK HARUS LOYO...

Bismillah..."Yaa ALLAH...berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. Dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan..." Aamiin....

Ketika berpuasa (bershaum) di bulan Ramadhan nanti, kebiasaan makan tentunya berbeda dari hari-hari biasa. Tak jarang ini menyebabkan kita jadi malas makan ketika sahur, dan begitu berbuka, kita makan secara berlebihan. Ini bukan cara yang benar untuk mengumpulkan energi saat puasa. Tubuh kita menjadi mudah lesu, produktivitas dalam bekerja pun menurun.

Berikut tips agat tetap segar dan berenergi ketika berpuasa:

1. Saat buka puasa, terlebih dahulu konsumsi minuman manis atau makanan yang mudah dicerna, seperti kurma, kolak atau bubur.

2. Makanlah makanan yang lengkap setelah sholat maghrib. Ini memberikan kesempatan pada saluran cerna untuk menyesuaikan diri setelah selama 16 jam beristirahat. Dan, hindari pula makan berlebihan agar kalori yang tersimpan tidak berlebih.

3. Sahur memang bukan proses makan biasa. Saat itu, saluran pencernaan bukan dalam kondisi prima untuk mencerna. Untuk mengurangi bebannya, awali dengan makanan yang mudah dicerna. Untuk makanan lengakap, pilihb yang 'tahan lama', tidak menyebabkan kita cepat lapar, dan bergizi tinggi.

4. Hindari kopi dan teh ketika sahur, karena keduanya tergolong diuretik, atau menyebabkan cairan tubuh sering keluar.

5. Jangan makan sahur terburu-buru, untuk menghindari rasa sakit di pencernaan.


Sumber: Majalah Femina

No comments:

Post a Comment