Thursday, February 11, 2010

Riwayat Sholat Beberapa Tabi'in...

Dikutip dari beberapa contoh yang ada dalam buku Fadhail A'mal, susunan Maulana Muhammad Zariyya al Khandalawi R.'A., Pustaka Ramadhan


1. Aisyah R.'A. berkata: "Rasulullah S.'A.W. pernah bercanda bersama kami. Apabila tiba waktu sholat, beliau berubah kelakuannya, seolah-olah tidak mengenal kami dan sangat dekat dengan ALLAH SWT.

2. Suatu hari Abu Ubaidah sedang mengimami sholat, setelah selesai beliau berkata kepada para makmum: "Setan telah mengganggu saya ketika saya sedang mengimami sholat tadi, dan saya dirasukinya agar saya berpikir bahwa ketika saya mengimami sholat tadi, hanya saya yang paling baik di antara kamu sekalian. Oleh karena itu saya tidak akan mengimami sholat lagi."

3. Said bin Almusayyab RA berkata: "Selama 20 tahun saya tidak pernah berada di luar masjid pada waktu azan." (Jadi beliau selalu menjaga waktu sholat dan selalu datang ke masjid sebelum azan dikumandangkan).

4. Isham R.'A. bertanya kepada Hatim Zahid Bakri R.'A.: "Bagaimana engkau mengerjakan sholat?" Kemudian ia menjawab: "Sebelum waktu sholat saya berwudhu' dengan sempurna dan pergi ke tempat sholat. Apabila saya berdiri hendak mengerjakan sholat, saya membayangkan Ka'bah di depanku, kakiku di bawah jembatan Shirat, surga di kananku, neraka di kiriku, dan malaikat maut di atasku. Dan saya mengingat bahwa ini adalah sholatku yang terakhir, hanya ALLAH Yang Mengetahui seruan di dalam hatiku. Kemudian saya mengucapkan ALLAHU AKBAR dengan penuh rendah diri dan membaca Al Quran sambil menghayati maknanya. Saya ruku' dan sujud dalam keadaan hina, dan saya menyelesaikan sholatku dengan tenang dan berharap ALLAH akan menerima sholatku, karena saya takut jika sholatku ditolak oleh ALLAH SWT."

5. Diceritakan bahwa sebuah anak panah menusuk tubuh seorang sahabat dalam satu pertempuran dan anak panah itu dicabut ketika beliau sedang mengerjakan sholat. Setelah sholat ia bertanya kepada para sahabatnya: "Apakah engkau akan mencabut anak panah itu? Kemudian mereka memberi tahu kepadanya bahwa anak panah itu sudah dicabut. Beliau berkata: "Tetapi saya tidak merasakannya."

6. Seorang yang wara ditanya: Apakah kamu mengingat suatu hal di dunia, ketika engkau mengerjakan sholat?" Ia menjawab: "Saya tidak pernah memikirkan hal keduniawian pada saat mengerjakan sholat." Kemudian ia ditanya kembali: "Apakah engkau memikirkan sesuatu ketika engkau mengerjakan sholat?" Ia menjawab: "Apakah ada sesuatu yang lebih dicintai daripada sholat itu sendiri yang harus kita pikirkan?"

No comments:

Post a Comment