Saturday, May 7, 2016

Indikator dalam SEM



Di dalam Structural Equation Modelling (SEM), indikator dikategorikan menjadi Indikator Reflektif (Indikator Manifes) dan Indikator Formatif (Indikator Kausal)



A. Indikator Reflektif

--> Dalam hal ini indikator dilihat sebagai efek dari konstruk yang dapat diamati.

--> Contoh: Kegigihan yang direfleksikan/dimanifestasikan oleh/dijabarkan menjadi 3 indikator yaitu komitmen, tantangan, dan kontrol.

--> Secara statistik, model pengukuran reflektif menjelaskan bahwa indikator terkait dengan variabel laten yang sama harus memiliki varians bersama (kovarians).



B. Indikator Formatif

--> Indikator bukan merupakan refleksi konstrak yang diukur.

--> Merupakan anteseden atau penyebab (Causal Indicators)

--> Berbeda dengan indikator reflektif, pada indikator formatif, menghilangkan satu indikator tidak akan mengganggu indikator lainnya karena masing-masing relatif independen.

--> Secara statistik, indikator ini dibuktikan dengan koefisien peranan yang dapat dilihat melalui kombinasi linier dalam persamaan regresi.

--> Semua indikator tidak harus memiliki varians bersama (kovarians) sehingga mengeliminasi satu indikator tidak seberapa mengubah peranan indikator lainnya.

--> diharapkan indikator ini memiliki keterkaitan yang rendah, untuk menghindari overlap. Salah satu sifat dari indikator ini adalah akumulasi, karena menggunakan analisis regresi.




Inilah beberapa poin yang saya pelajari dan pahami dalam SEM, Postingan ini bertujuan untuk melengkapi postingan2 sebelumnya terkait SEM, Semoga Bermanfaat... hehehehehe ^_^

No comments:

Post a Comment