Saturday, March 26, 2016

Tips Anti Galau Kweccceeeee Bwadddayyy ala Flower Boeat Para Cewek.... ^^



Galau? Apa sih sebenernya galau itu? Hm, Menurut salah satu tulisan/postingan di Kompasiana oleh Fandi Sido, banyak orang mendefinisikan "galau" sebagai sebuah bentuk perasaan yang kurang nyaman, sedih, gelisah, menyesal, bingung, dan sebagainya. Perhatikan definisi galau berikut: ga·lau, ber·ga·lau --> sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak karuan (pikiran); ke·ga·lau·an sifat (keadaan hal) galau. Nah, dari bahan referensi di atas, bisa disimpulkan bahwa pada kenyataannya, "galau" lebih dekat artinya dengan kegiatan beramai-ramai, atau dalam kamus disebut "sibuk beramai-ramai". Galau digolongkan sebagai adjektiva, artinya kata sifat yang biasanya ikut pada sebuah subjek berupa nomina. Sedangkan, satu-satunya pengertian yang menyangkut kondisi psikologis, adalah keadaan "kacau tidak karuan" yang lebih tepat dirujuk kepada keadaan pikiran.

Boeat para cewek/perempuan/wanita (termasuk saya), galau dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa jadi karena masalah pribadi, konflik personal, bete di kantor/tempat kerja, jenuh, atau karena masalah hati, atau karena lg kecewa, atau bisa juga penyebabnya adalah faktor kesibukan (terlalu sibuk) tanpa dibarengi kondisi rohani yang kurang baik, de el el. Dan...akhir-akhir ini saya akui, saya rada galau karena banyak faktor. Tapi alhamdulillah saya gak berlarut-larut dalam kegalauan itu. Jadi saya putuskan untuk berbagi (baca: memposting tips) biar kita-kita para perempuan gak tenggelam dalam kegalauan sampe ngerugiin diri, waktu, tenaga, pikiran, dan ketenangan serta kenyamanan kita selaku makhluk Tuhan yang juga berhak bahagia. Sesuai dengan slogan di awal postingan ini: "Orang Cantik Mana boleh Galau! rugi men, rugi!!!". Bukan apa2 saya tulis statement cantik di situ, karna menurut saya, setiap wanita cantik (cantik itu relatif) dengan kelebihannya masing-masing.

Ada dua kategori tips yang bakal saya share (kebetulan udah saya cobain/terapin semua nih). Pertama: Tips anti galau yang butuh modal (pake duit), dan kedua: tips anti galau yang gak perlu keluar uang a.k.a gratis tis tis.

Nah berikut ini obat galau yang perlu merogoh kocek (namanya juga buang galau/suntuk, kadang mahal girls, hehehe):

1. Makan di luar, cari cafe/kantin yang menawarkan aneka menu unik n baru. Dengan cara ini, kamu bakal sedikit bersemangat, emang sih gak langsung ilang galaunya, tapi lumayan lah, sedikit terhibur, apalagi kalo kamu coba menu yg belum pernah kamu cicipi sebelumnya.

2. Ke Family Karaoke. Ajakin orang-orang dekat kamu, bisa temen2 akrab, atawa misua (kalo kamu udah married). Dengan berekspresi lewat lagu, kamu bisa sedikit lebih lega. nyanyiin aja semua genre. Nah tergantung mood juga siyh sebenernya, kalo kamu bawaaannya pengen marah n ngomel-ngomel melulu, pilihlah lagu2nya Roxette atawa The Cranberries, atau Avril Lavigne. Trus buat nenangin diri, kamu cari lagu-lagu religi, atawa pop yang slow n romantis, kalo udah agak mendingan, cobain juga lagu dangdut. gitu fasenya girls, hehehe ^^

3. Potong Rambut dengan gaya baru. Nah kalo lagi galau, mending ke salon deh, minimal potong rambut (berkerudung atow gak berkerudung, tetep harus perhatikan model rambut kan? kalo saya siyh milihnya salon muslimah, lebih nyaman aja). Emang sih ada mitos yang bilang, potong rambut itu penting buat buang sial, tapi bukan itu esensinya girls. Kadang kalo lagi galau, kita butuh penampilan diri yang baru biar cepat pulih mood nya. Coba deh. Saya baru-baru ini ke salon n potong rambut model seru, jadi seneng perhatiin diri sendiri dengan style rambut beda dari sebelumnya.

4. Creambath. Lagi-lagi ke salon (di salon bisa dapet temen ngobrol baru lho), hehehe, gapapa girls, ini bisa bantu kamu buat rileks, krn kepala mpe leher kita ada yang mijitin, plus seger-seger + perawatan rambut pake aneka vitamin.

5. Totok Wajah. (lagi-lagi ke salon, wkwkwkw) Atau ada juga yang nyebut lengkap 'Totok Aura pada Wajah'. Perawatan satu ini ada unsur pijatan pada wajah & menotok bagian-bagian tertentu pada wajah sehingga tulang pipi kita bisa lebih naik dan bisa membantu mengembalikan keceriaan dan bahkan bisa jadi makin cantik sehingga katanya kembali terpancar auranya. gitu girls.... ^^

6. Facial Therapy. Ini cuma bisa sekali sebulan, buat ngilangin komedo, membersihkan pori-pori, mengencangkan kulit karena sekaligus ditutup dengan ritual pake masker (kadang masker bengkoang), yang mana pas pake masker sekitar 15 menit. Sambil maskeran, bisa sekalian sambil rileks n rehat. Dijamin bisa bikin wajah berseri-seri, sehingga gak ada yang tau kalo kamu tengah/sedang dan atau telah dilanda galau, hehehehe ^^

7. Spa Standar (include luluran). Nah ini bikin rileks seluruh tubuh, cause kaki direndam garam detox, lalu dipijit, Body Massage/pijit seluruh badan, luluran, steam rempah, maskeran seluruh tubuh. Rileks banget deh. Jadi bukan cuma buat`perawatan pra nikah ini girls. ternyata ampuh juga buat ngilangin galau. wkwkwkw.

8. Shopping. Beli sesuatu yang selama ini kamu hindari pengen beli karena pengen berhemat. Sesekali boros buat diri sendiri ternyata mantap buat ngilangin galau.

9. Ubah Penampilan. Misalnya dengan beli kacamata baru, beli krim perawatan wajah yang rada mahal, kalo berkerudung, beli kerudung baru dengan warna ceria, de el el.

10. Perbanyak infaq/sedekah. Terkadang orang-orang berterima kasih atas infaq yang kita beri dengan cara mendoakan kita. Minta aja dido'ain biar galaunya hilang, hehehe :D


Nah, 10 tips di atas, butuh ngerogoh kocek kita (Alhamdulillah saya baru terima tukin + pernak-pernik hasil kerja lainnya, jadi lumayan banyak rejeki n bisa sedikit lebih memanjakan diri). Tapi tenang, kalo lagi gak ada duit truz dilanda galau, ada juga ini tips-nya. Dan, udah saya lakuin juga ini. Kalo ngasih tips, biasanya ya, hal-hal yang emang udah saya praktekin sebelumnya.

Ini dia tips murah meriah namun berkualitas:

1. Baca Tafsir Al Quran. hm, Saya akui saya ini manusia yang kondisi keimanannya fluktuatif. Kalo udah naek, tinggi banget, tapi kalo udah turun, terpuruk banget juga sih (na'udzubillah, moga gak lagi-lagi deh mpe terpuruk sedemikian rupa). Kemarin (Jumat) saya coba baca Tafsir Ibnu Katsir untuk juz 30, saya baca tafsir An Naba', ternyata di situ disebutin, bahwa setiap muslim nantinya di akhirat pasti akan masuk neraka terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk surga karena rahmat dan kasih sayang Allah. Untuk Muslim/muslimah yang pada dasarnya baik, udah berusaha berjalan di jalan yang lurus aja, pasti ada dosa-dosa kecilnya. Nah yang begitu aja, juga pasti masuk neraka, dan lamanya adalah beberapa Haqbun. Truz dijelaskan dalam beberapa hadits untuk menghitung beberapa haqbun tersebut, karena saya basic nya statistics, saya tergoda utk mengkalkulasikan, dan hasilnya sungguh mengejutkan dan bikin shock, karena beberapa haqbun itu setara dengan 123.480.000.000 hari di dunia. Gak kebayang kalo yang cuma sebatas melakukan dosa-dosa kecil aja di neraka selama itu, apalagi yang melakukan dosa-dosa besar, bisa berkali-kali lipat harinya atau berkali kali lipat lebih berat adzabnya (hiiii ngeri, na'udzubillah). Sehingga dengan membaca tafsir, kita akan tergerak untuk segera bertaubat atas kesalahan/dosa yang kita perbuat (bisa jadi itulah penyebab galau yang sesungguhnya). Tanpa kita sadari ritual taubat memohon ampun dan belas kasihan dari Allah SWT, jika dihayati dengan kondisi ruhiyah yang juga baik, akan menghilangkan galau dengan sendirinya.

2. Curhat dengan teman yang gak ember. Pilihlah teman yang bijak dalam menanggapi masalah, pastinya kamu bakal mendapat motivasi dan akhirnya menyadari bahwa sebenernya kamu gak semenyedihkan yang kamu pikirkan ketika galau.

3. Baca/pinjem novel atau buku atau bisa juga artikel di internet yang menurut kamu bertema sesuai dengan penyebab galau yang kamu alami. Biasanya di novel/buku/artikel itu bakalan ada solusinya juga tuch. Menginspirasi pastinya.

4. Bersyukur dengan apa yang udah kamu punya. Yakinilah apa yang diberikan Tuhan padamu adalah yang terbaik untukmu. Jadi kamu gak galau lagi pengen yang aneh-aneh.

5. Nyanyi-nyanyi di rumah, atau home karaoke. gak perlu keluar uang kan? hehehehe

6. Baca komik ringan, atau nonton pilem yang lucu-lucu+gokil+bikin ngakak.

7. Ubah Rute/Jalan/kegemaran/kebiasaan kamu ketika galau, melewati jalan yang tak biasa menuju kantor, atau coba beralih ke sesuatu yang baru, bisa dengan beralih produk, atau coba beralih tempat belanja/beralih travel/beralih tempat senam, otomatis kamu bakal ketemu orang-orang baru dan suasana baru, sehingga galaunya cepet kabur...

de el el, bisa ditambahin sendiri deh girls....


Oke deh, semoga bermanfaat tips-nya ya.... ^_~

by Bunga Mardhotillah ~ fL0_Flower


2 comments:

  1. Tapi kalo dipikir galau itu ada untungnya loh buk.
    Mungkin dulunya kita kurang baik dengan kegalauan bisa menjadi lebih baik . namun itu tergantung dari cara fikir setiap orang . kalau mikir positif pasti jadi lebih baik,tapi kalo mikirny kearah negatif pasti berakibat buruk .

    ReplyDelete
  2. @Dedek Baperr: bener bangetttttt ^^

    ReplyDelete