Tuesday, March 4, 2014

ODOJ, Perkembangan yang Mencengangkan, Istiqomah ya ODOJers ^_~

Membudayakan Tilawah Qur'an dengan ODOJ



Wawancara Majalah Ummi dengan Ricky Adrinaldi


"Kami punya harapan, tilawah Al Quran bisa membudaya di masyarakat," tutur Ricky Adrinaldi pada Majalah Ummi. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Ricky dan teman-

temannya mengembangkan gerakan membaca Al Qur'an satu hari satu juz, One Day One Juz (ODOJ).

Ditanya tentang bagaimana ide awal terbentuknya ODOJ ini, Ricky sendiri mengakui sampai saat ini ia masih mencari-cari siapa yang pertama kali memiliki ide untuk

membuat kumpulan atau komunitas yang berkomitment mengkhatamkan Al Quran sebulan sekali ini. Ia "hanya" mengembangkan gerakan ini. Itu pun dilakukannya secara tak sengaja.

"Waktu itu adik ipar saya berkunjung ke rumah. Biasanya kan dia tilawah ba'da maghrib. Ini tumben, kok tilawah terus? Saya tanya dia. Jawabnya, 'Ini lagi ikut One Day One Juz'", papar Ricky.

Dari situ, Ricky tahu aturan main ODOJ yang diikuti oleh iparnya. Ada grup, pembagian juz, target waktu khatam, admin grup, dan ada lelangan juz. Hanya, saat itu grup-grup yang ada tidak terhubung satu sama lain sehingga tidak terkontrol apakah sebuah grup dapat mencapai targetnya atau tidak.

Melihat metode tersebut bagus, Ricky mencoba memulainya sendiri. "Pada Oktober 2013, saya mengumpulkan teman2 untuk membuat satu grup ODOJ sendiri. Alhamdulillah, respons mereka positif."



Bersama teman-temannya, Ricky kemudian mempelajari metode serta studi kasus ODOJ yang ada. Ia menarik benang merah bahwa grup-grup ODOJ sebenarnya perlu untuk terhubung satu sama lain dan memiliki program-program agar semakin banyak masyarakat yang ikut. Berangkat dari keinginan sederhana itu, ia dan rekan-rekannya berupaya mengembangkan ODOJ menjadi sebuah komunitas atau gerakan.

Untuk membuktikan keseriusan mereka, dilakukanlah softlaunching ODOJ di Masjid Baitut Tholibin, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, pada 11 November 2013 lalu. Di saat yang sama, diresmikan pula situs onedayonejuz.org sebagai pusat informasi dan sarana untuk mendaftarkan diri sebagai peserta ODOJ.

Sejak saat itu, ODOJ sangat mencengangkan. Hingga januari saja sudah tercatat sebanyak 71.160 peserta ODOJ (biasa disebut ODOJ-ers) dari 2372 Grup. Launchin ODOJ insyaAllah akan dilaksanakan tgl 4 Mei 2014 di Masjid Istiqlal Jakarta.



NB: Liputan ini bersumber dari Majalah Ummi Edisi Februari 2014, hingga saat ini (baca: Maret 2014) sudah tercatat 2505 Grup ODOJ di Indonesia. Bagi ODOJ-ers yang grup nya belum mendaftarkan diri, segera daftar ya, untuk mendapatkan nomor registrasi, agar pada saat launching kita bisa memperbanyak jumlah ODOJers dan membantu gerakan ini agar memecahkan rekor MURI tilawah Al Quran dengan peserta terbanyak.

No comments:

Post a Comment