Monday, April 15, 2013

Hindari 8 Kebiasaan Buruk di Kantor

Banyak hal yang ternyata dapat mengancam kesehatan maupun produktivitas kerja di kantor. Cari tahu apa saja dan segera antisipasi.

1. Melewatkan Makan Siang. Penelitian yang dimuat pada The American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa orang yang terbiasa melewatkan waktu makan bisa meningkatkan kemungkinan mengalami obesitas. Karenanya, sebaiknya kita tidak melewatkan makan siang dan juga mengkonsumsi camilan yang sehat di sela-sela waktu bekerja.

2. Seharian Bekerja di Depan Komputer. Bekerja seharian dengan Komputer dapat menimbulkan gangguan penglihatan yang disebut oleh para ahli dengan sebutan Computer Vision Syndrome. Gejalanya antara lain: mata terasa tegang, sakit kepala, penglihatan mengabur, mata kering, serta nyeri di bagian leher dan bahu. Menurut pakar dari American Optometric Association, selain penggunaan komputer yang terlalu lama tanpa istirahat, gangguan itu juga bisa dikarenakan pencahayaan ruangan yang kurang, jarak pandang saat bekerja, maupun postur duduk yang tidak benar. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu langkah yang disarankan oleh pakar Amrican Optometric Association, adalah menggeser layar monitor agar posisinya berada di bawah garis pandang mata. Selain itu, yang tak kalah penting adalah mengambil jeda secara berkala. Supaya mata tidak tegang, istirahatkan selama 15 menit setelah 2 jam bekerja. Selain itu, setiap 20 menit saat bekerja kita sebaiknya melihat ke jarak yang jauh selama 20 detik, agar mata kita bisa berganti fokus. Pastikan juga posisi duduk sudah nyaman. Sesuaikan ketinggian kursi hingga kaki bisa menjejak rata di lantai. Untuk pencahayaan, posisikan monitor jauh dari penerangan di atas kepala atau jendela. Gunakan tirai untuk menutup jendela dan ganti bola lampu pada lampu meja dengan yang watt nya rendah.

3. Menahan Keinginan Buang Air Kecil. Sebenarnya, menahan buang air kecil tidak akan berakibat buruk jika hanya dilakukan sesekali. tapi kalau sering melakukannya, bisa timbul masalah jangka panjang, seperti batu ginjal atau pun infeksi saluran kemih. Jadi, begitu dorongan itu datang, tak perlu tunda lagi, langsung ke toilet ya.

4. Kurang Minum. Letakkan botol minum di atas meja, kurangi minum kopi atau teh, karena sifatnya diuretik. Batasi konsumsinya dan ganti dengan minum air putih lebih banyak.

5. Terlalu Banyak Duduk. Ada baiknya kita meluangkan waktu untuk sesekali berdiri dan berjalan-jalan sebentar, terutama setelah makan siang. Ini dapat membantu proses metabolisme tubuh.

6. Mengumbar Beban Emosional. Sebaiknya jangan bawa masalah rumah ke kantor, dan sebaliknya.

7. Bergosip di Kantor. Bergosip itu memiliki lebih banyak aspek negatif dibanding positifnya.

8. Menunda-nunda Pekerjaan. Menurut Survey dari Media Psychology Today, 20% orang termasuk tipe penunda-nunda pekerjaan yang kronis.


Taken From: Majalah Sekar :)

No comments:

Post a Comment