Sunday, February 15, 2009

Hobi-hobi Sehat

Kalo mls olahraga, cari cara lain dengan olahraga lewat hobi. Empat di antaranya adalah jalan-jalan, menyelam, competitive eating, dan salsa dance.

Jalan-jalan
Nah, hobi yang satu ini gampang bgt dilakukan. Nggak usah ngebayangin jalan di pagi hari yang dingin di taman kota. Sekadar jalan-jalan di mal favorit pun bisa dijadiin olahraga koq. Tapi, tentunya gak asal jalan...apalagi mampir-mampir melulu buat shopping, hehehe...jalan kaki selama 30 menit nonstop, kira-kira bisa membakar sekitar 120 kalori. Selain itu, sering-sering jalan kaki ternyata juga bisa meningkatkan mood, menajamkan memori, mengurangi sakit punggung dan insomnia. Jadi, window shopping tentunya bakal menyenangkan nih.

Menyelam
Menikmati keindahan alam bawah laut sambil berolahraga, wah...pasti menyenangkan bgt. Kita bisa melakukannya lewat scuba diving atau snorkeling. Kegiatan ini memang bukan olahraga baru, tapi nggak semua orang familiar dan untuk pemula memang harus mengikuti kursus lebih dulu. Snorkeling nggak mengharuskan kita menyelam, tapi hanya ”mencelupkan” sedikit badan untuk mengintip dasar laut yang sangat dangkal. Dilakukan dg bantuan kacamata dan slang kecil agar kita bisa menghirup udara dari atas permukaan air. Sedangkan scuba diving membutuhkan alat yang lebih rumit, salah satunya adalah tabung oksigen dan perlengkapan menyelam lengkap seperti kaki katak, karena kita akan menyelam hingga kedalaman 3 m, itu minimal lho. Para penyelam profesional bisa menyelam sampai puluhan meter ke bawah laut. Untuk menyelam selama lebih kurang satu jam, kita akan membakar sekitar 250 kalori. Lumayan bgt kan?

Competitive Eating
Buat yg hobi makan, ada kabar gembira nih. Ada satu lomba yg pasti menyenangkan bgt, yaitu lomba makan. Saat ini bahkan sudah ada yang menganggapnya sebagai cabang olahraga, lho. Pada tahun 1990, International Federation of Competitive Eating (IFOCE) mengesahkan perlombaan ini sebagai salah satu cabang olahraga. Tapi, ini memang bukan sembarang makan, melainkan ada cara dan aturan khusus. Jangan kaget pula kalau ternyata para juara dan jagoan lomba makan ini, bukan orang-orang berbadan tambun. Justru mereka rata-rata bertubuh normal, bahkan cenderung kurus. Hmm, koq bisa gitu ya? Lomba ini disebut olahraga karena seorang atlet makan profesional harus memiliki konsentrasi tinggi, dan kemampuan mengatur napas agar makanan bisa masuk dan tersimpan dengan baik di dalam tubuh. Walaupun masih kontroversi, competitive eating tetap sukses dianggap sebagai olahraga, dan perlombaannya ditayangkan di channel-channel olahraga seperti ESPN.

Salsa Dance
Buat yg hobi nari, coba deh blajar tarian salsa. Tarian yang berasal dari Amerika Selatan ini bisa membakar kalori cukup banyak, lho. Latihan salsa selama 30 menit, akan membakar kalori kita sebanyak 200-400 kalori. Sama banyaknya dengan jumlah kalori yang terbakar kalo kita jogging selama 30 menit, berenang selama 2 jam, atau naik sepeda selama satu jam. Beat yang terkadang cepat dan gerakan yang cukup rumit, benar-benar menguras tenaga. Termasuk membentuk badan kita jadi lebih bagus. Kalau dilakukan dengan teratur, tarian ini bisa membantu tekanan darah kita tetap stabil, menjaga kolesterol dan memperkecil kemungkinan terkena serangan jantung. Seru kan, bisa sehat tanpa perlu panas-panasan.

Sumber: Ada dech ^_^

No comments:

Post a Comment