Tuesday, August 26, 2014

Produk Unggulan Daerah*

Produk Unggulan Daerah yang selanjutnya disingkat PUD merupakan produk, baik berupa barang maupun jasa, yang dihasilkan oleh koperasi, usaha skala kecil dan menengah yang potensial untuk dikembangkan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki oleh daerah baik sumber daya alam, sumberdaya manusia dan budaya lokal, serta mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah yang diharapkan menjadi kekuatan ekonomi bagi daerah dan masyarakat setempat sebagai produk yang potensial memiliki daya saing, daya jual, dan daya dorong menuju dan mampu memasuki pasar global.

Kriteria Produk Unggulan daerah antara lain produk tersebut dapat berkontribusi dalam hal Penyerapan Tenaga Kerja, Sumbangan terhadap perekonomian, Sektor basis ekonomi daerah, Dapat diperbaharui, Sosial budaya, Ketersediaan pasar, Bahan baku, modal, Sarana dan prasarana produksi, teknologi, manajemen usaha, dan harga.

Berdasarkan Analisis hierarchy process mengenai Produk Unggulan yang diprakarsai oleh Tenaga Pendamping PUD Provinsi Jambi, Kabupaten Batang Hari memiliki produk-produk potensial dan unggulan daerah antara lain, Produk-produk Potensial: Simpan Pinjam, Kerbau, angkutan barang, pengolahan Makanan dan getah. Produk Unggulan : Sawit, karet Padi Sawah dan Sapi.

Kebijakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni SKPD Perkebunan Provinsi Jambi dalam pengembangan sektor yang secara terus menerus dilaksanakan dititikberatkan pada 7 (tujuh) jenis Unggulan Perkebunan yaitu karet, kelapa sawit, kelapa (kopra), kopi, casiavera (kulit manis), pinang dan teh.

Untuk itu diminta partisipasi aktif dan tindak lanjut dari daerah, khususnya Kabupaten/Kota untuk mengimplementasikan terwujudnya kelembagaan PUD, Mengidentifikasi dan menyusun grand design pengembangan PUD, menyusun database dan pemetaan potensi serta permasalahan pengembangan PUD di daerah.


*Resume (by. Bunga Mardhotillah) Hasil Rapat Koordinasi Terkait Percepatan dan Revitalisasi Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PUD) di ruang Dharma Wanita Bappeda Provinsi Jambi, Kamis, 21 Agustus 2014.

No comments:

Post a Comment