Wednesday, November 23, 2011

RESENSI BUKU: MERINTIS PENDIDIKAN GRATIS

MERINTIS PENDIDIKAN GRATIS

Judul: Merintis Pendidikan Gratis

Penulis: Drs. Wahyudi, MS, Drs. I. Hayat, dkk.

Penerbit: Wadi_Press, Jakarta

ISBN: 978-602-8348-01-0

Cetakan ke-1: Mei 2007

Cetakan ke-2: November 2008

Buku ini menggambarkan bagaimana suka duka merintis pendidikan gratis dan kesehatan gratis yang dimulai sejak tahun 2003 lalu di sebuah Kabupaten tertinggal di Provinsi Jambi. Bagaimana sulitnya mendobrak isolasi daerah dengan membangun jalan tembus ke provinsi sementara dukungan dana sangat terbatas. Justru di tengah keterbatasan itulah, Abdullah Hich yang merupakan putra terbaik Muara Sabak, yang sekaligus sebagai Bupati Tanjung jabung Timur membuat sebuah terobosan yang luar biasa.

Pada bulan Juli 2003 berhasil dikucurkan dan sebesar Rp. 1,1 Milyar yang digunakan untuk menggratiskan biaya SPP hampir delapan ribu pelajar SD, SMP, dan SLTA. Ini menjadi tonggak awal digulirkannya program pendidikan gratis yang kemudian terus disempurnakan dan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

Apa yang melatar belakangi lahirnya kebijakan pendidikan gratis dan layanan kesehatan gratis terungkap dalam buku ini. Bahkan sampai bagaimana sang Pamong abdullah Hichselaku Bupati mampu meyakinkan masyarakat dan wakil-wakilnya di DPRD untuk meluncurkan program layanan kependudukan gratis. Ini untuk meningkatkan layanan pemerintah kepada masyarakatnya berupa layanan Akte Kelahiran, KTP, KK, secara gratis bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Bagaimana kiat-suksesnya, termuat dalam buku ini...


Taken From: Majalah Pamong Readers

No comments:

Post a Comment