Tuesday, May 17, 2011

Sakit di Punggung Bagian Belakang

Rasa Sakit di punggung bagian belakang bisa disebabkan beberapa hal:

1. Kelainan di sistem muskuloskeletal (tulang dan ototnya), kemungkinan disebabkan oleh adanya riwayat jatuh atau terhantam benda-benda keras di bagian tersebut, sehingga otot mengalami cedera atau bahkan tulang di bagian tersebut mengalami retak bahkan patah.

2. Kelainan organ dalam perut. Kalau letaknya di belakang, kemungkinan bisa ginjal, bisa empedu. Kelainan ini mungkin infeksi atau terdapat batu di ginjal dan salurannya, atau empedu dan salurannya. Infeksi ginjal disebut glomerulonephritis, sedangkan infeksi empedu disebut cholelistitis. Terapi infeksi biasanya cukup dengan pengobatan antibiotik yang sesuai. Namun jika yang terjadi batu, bila ginjal bisa disebut nefrolithiasis (bila letaknya di ginjalnya), ureterolithiasis (bila di saluran ureter), vesicolithiasis (bila letaknya di vesica urinaria/kandung kemih). Terapinya mungkin membutuhkan pembedahan. Kemungkinan yang besar dengan riwayat kebiasaan minum yang sedikit adalah batu di saluran kemih, karena dengan minum yang kurang, maka konsentrasi urine menjadi pekat dan akan mudah terbentuk batu. Minum air putih 2 liter sehari akan mengurangi hal tersebut.

Nah, untuk memastikan kemungkinan2 tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan tambahan. Segera ke dokter dan mungkin dokter akan menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan darah, urine, USG, foto polos abdomen (tanpa kontras), atau bahkan dengan foto abdomen dengan kontras (IVP).


Sumber: Majalah Gizone

No comments:

Post a Comment