Saturday, January 23, 2010

Panduan Menyehatkan Jiwa...

Judul: Menjadi Manusia Pilihan dengan Jiwa Besar [10 Langkah Praktis Menyehatkan Jiwa]

Penulis: Dr. Muhammad Thohir, SpKJ

Penerbit: Lentera Hati

Tahun: Agustus 2009

Volume 436 + xii halaman



"Wahai manusia, telah datang kepadamu Al-Quran sebagai pelajaran dari Tuhanmu dan obatnya apa yang di dalam dada (jiwa) serta hidayah dan rahmat bagi orang-orang yang beriman" [QS. Yunus [10]: 57].

Kebahagiaan hakiki manusia sebenarnya ada pada jiwa yang sehat. Betapa pun seseorang memiliki harta berlimpah, kalau jiwanya tidak sehat, pastinya bisa mengalami derita rohani yang hingga saat ini mewarnai kehidupan manusia. Banyak cara bisa dilakukan untuk menghindari stress atau depresi. Salah satunya dengan mengolah jiwa dengan pendekatan psikologi religius.

Buku bertajuk Menjadi Manusia Pilihan dengan Jiwa Besar (MMPdJB) 10 Langkah Praktis Menyehatkan Jiwa seolah membuka cakrawala pentingnya pendekatan psikologi religius untuk memelihara kesehatan jiwa manusia. Penulisnya, dr. Muhammad Thohir, SpKJ membeberkan psikologi religius tersebut dalam bab-bab yang membahas 10 poin menuju jiwa yang sehat. Misalnya, bab "10 Langkah Menuju Jiwa Sehat" [49-133] dan "Aplikasi Praktis 10 Langkah Menuju Jiwa Sehat" dalam berbagai Posisi dan Kedudukan [191-215].

Bahasan dalam buku ini bukan isapan jempol semata. Apalagi sebagai penulis, dokter Thohir sudah cukup lama malang-melintang dalam dunia kedokteran jiwa dan psikologi. Psikiater ini pun sudah memberikan banyak konsultasi psikologi bagi berbagai perusahaan dan organisasi. Maka, dalam bahasan "Aplikasi Praktis 10 Langkah Menuju Jiwa Sehat," dokter Thohir memberikan pencerahan bagi siapa saja sesuai dengan kapasitas dan jabatannya. Misalnya, kapasitas sebagai karyawan, dosen, atau guru, anggota TNI-POLRI, dan sebagai ulama, cendekiawan, serta pemimpin.


Taken From: Majalah ALiF

No comments:

Post a Comment