Thursday, September 10, 2009

TIPS JITU MEMPERSIAPKAN RESEPSI

ANGGARAN

Berapa persisnya anggaran utk sebuah pernikahan??? Jawabnya sangat relatif. Banyak aspek yg akan ikut menentukan besar kecilnya anggaran yg hrs kita keluarkan dlm hal ini.

Berapa yg diperlukan??? Gag ada pesta yg gratis. Yg jelas siyh,,,makin besar & eksklusif sebuah pesta pernikahan itu diselenggarakan,,,maka akan semakin besar rupiah yg hrs dikeluarkan. Tinggal kita sekarang pikir2 sj apakah akan menyelenggarakan pesta yg biasa2 saja,,,,,yg agak mewah,,,,yg mewah,,,,atau yg super mewah sekalian serta sangat2 eksklusif.


>>> Membuat Anggaran Kasar <<<

Masukkan anggaran total acara pernikahan (Rp. ______ )
Perincian Kasar:
>> Biaya Resepsi: 50% (Biaya Resepsi ini bisa dipastikan akan menyedot setengah dari anggaran kita. Biaya Resepsi meliputi konsumsi,,,sewa tempat (bila menyewa tempat),,,,kue pernikahan,,,biaya transportasi dari tempat tinggal ke tempat resepsi.
>> Hiburan: 10%
>> Bunga dan Dekorasi: 10% (hati2,,jumlah ini bisa saja tiba2 m'bengkak)
>> Baju & aksesoris pernikahan: 10%
>> Dokumentasi: 10% (fotografi & videografi)
>> Surat-menyurat dan alat tulis: 4%
>> Lain-lain: 6%


>>> Tambahkan 10% untuk antisipasi <<<

Bila kita sudah menetapkan jumlah dana total utk biaya pesta pernikahan,,,,menurut sejumlah konsultan pernikahan,,,,sebaiknya kita tambahkan biaya lg sekitar 10% dari total dana yg telah dianggarkan. misalkan,,,dana awal sekitar 15 juta,,,maka tambahkan 10% dari jumlah tsb. Tambahan tsb dimaksudkan utk dana persiapan bila tjd hal2 yg di luar dugaan.


>>> Ditanggung Sendiri atow Berdua??? <<<

Coz ada 2 pihak yg terlibat,,,,maka idealnya biaya ini ditanggung oleh keduanya. Mungkin persentasenya bisa setengah2. Berapa persen anggaran yg mesti ditanggung oleh masing2 pihak sebenarnya bukan masalah besar sepanjang tjd komunikasi & saling pengertian dg baik di antara kedua belah pihak. Agar masalah ini tdk mjd runyam memang sebaiknya pihak pria dan pihak wanita sudah jauh2 hari m'bicarakan masalah tanggungan anggaran ini secara transparan.


>>> Pengelolaan <<<

Ketika anggaran telah benar2 siap & hitung2an di atas kertas jg telah dilakukan,,,pekerjaan selanjutnya adalah menentukan pihak mana yg akan mengelola dana tsb sekaligus mjd pelaksana acara pernikahan. Kemungkinan utk hal ini ada dua. Anggaran dikelola sepenuhnya sendiri. Atau penyelenggaraan pesta diserahkan kepada agen acara pernikahan. Pilihan mana yg dipilih,,,masing2 ada plus-minusnya. Kalo gag mw ribet & ingin praktis,,,serahkan sj semuanya pd agen acara pernikahan (wedding Organizer - WO). Cukup setor sekian juta rupiah,,,pengantin siap manggung tanpa repot & tau berezzz semuanya.


>>> Harus Bayar Lebih & Sistem Paket <<<

Melangsungkan pesta pernikahan dg bantuan wedding organizer bisa jadi cukup praktis. Memang,,,utk itu boleh jadi kita hrs mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak. Namun,,,,kalo pekerjaan yg mereka lakukan cukup baik & banyak membantu,,,,why not???! Dg pemikiran spt ini banyak pihak memutuskan & memilih utk m'gunakan jasa wedding organizer. Kalo gag pengen puyeng m'hitung biaya yg hrs dikeluarkan dlm hal undangan,,,,dekorasi,,,,,sewa gedung,,,,catering,,,dan lain sebagainya,,,,maka pilihlah sistem paket yg telah disediakan oleh wedding organizer. Selain oleh wedding organizer,,,sistem paket ini ditawarkan pula oleh sejumlah hotel & pengelola gedung.


>>> Bagaimana Memilih Wedding Organizer??? <<<

Sebuah WO umumnya menyediakan layanan jasa berikut:
> Konsultasi Pernikahan yang baik dan terencana.
> Merancang konsep dan perencanaan acara pernikahan secara menyeluruh.
> Membantu dlm menentukan dan mengatur anggaran utk acara pernikahan.
> Memberikan ide & solusi bagi permasalahan seputar persiapan pernikahan.
> Mewujudkan acara pernikahan sesuai dg keinginan setiap pasangan.

Utk urusan yg satu ini,,,,,ada beberapa hal yg perlu kita perhatikan,,,yaitu:

Pertama,,,,pilihlah WO yg khusus menyediakan pelayanan jasa dan tidak menyediakan produk2 pernikahan tertentu. Dg demikian,,,mereka lebih b'konsentrasi & b'tanggung jwb penuh pada layanannya & tdk mengikat & membetasi pilihan pd produk tertentu.

Kedua,,,,bersedia memenuhi segala permintaan pasangan pengantin.

Ketiga,,,dpt m'berikan prakiraan/gambaran anggaran secara t'perinci,,,tepat,,,,serta jelas,,,dan kemudian menyerahkan keputusan akhir kpd pasangan pengantin.

Keempat,,,,bersedia melakukan kesepakatan/perjanjian kontrak secara tertulis.


::::Kapan & bgmn sebaiknya kita menyerahkan urusan pesta pernikahan anda kpd sebuah WO??? Kita sebaiknya menyerahkan urusan pesta pernikahan kpd sebuah WO jika: sibuk dlm karir,,,pasangan pengantin ingin sepenuhnya menikmati hari pernikahan sbg "Raja & Ratu sehari", pasangan pengantin bingung dlm menentukan & mencari produk perlengkapan pernikahan yg sesuai dg selera & karakter, sulit membentuk panitia pernikahan yg bisa diandalkan,,,,ingin memberikan kesan mendalam bagi tamu2 dg tema & konsep pernikahan yg khusus. Dan yg terpenting,,,,keuangan pasangan pengantin benar2 mencukupi utk menyewa sebuah WO:::::


>>> Menghemat Anggaran <<<

Pertama,,,,,lakukan pemesanan sedini mungkin.
Kedua,,,,lakukan pernikahan di luar musim.
Ketiga,,,,berlakulah sesuai kemampuan. Jika kemampuan kita menyelenggarakan pesta pernikahan secara biasa2 saja,,,jgn paksakan utk m'buat acara yg mewah.
Keempat,,,,lakukan dg singkat. Batasi waktu pesta pernikahan hanya beberapa jam saja. Dari pukul 11.00 hingga 15.00 misalnya.
Kelima,,,,pastikan secara cermat jumlah undangan serta tamu yg akan hadir.
Keenam,,,jadikan rumah tempat pesta. Kalo rumah pasangan pengantin memungkinkan utk dijadikan tempat pesta,,,,why not???!
Ketujuh,,,,meminjam. Lakukan peminjaman utk sejumlah keperluan pesta pernikahan yg dapat dipinjam kpd sahabat dekat,,,kerabat dekat,,,atow relasi bisnis.
Kedelapan,,,,,,,pilih hari yg sama antara akad nikah & resepsi (ini sangat menghemat banyak lho...)
Kesembilan,,,,sepertinya tak perlu ganti pakaian antara akad nikah & resepsi.

oh iya,,,tips sisipan: ingin hemat,,,,mintalah diskon! Jangan sungkan utk meminta diskon utk sejumlah layanan yg digunakan dlm acara pernikahan.



HAL2 YG PERLU DILAKUKAN SEBELUM MEMILIH CATERING

Pertama,,,pastikan dulu apa menu yg kita inginkan. Apakah menu barat,,,menu tradisional,,,oriental,,,,atau lainnya??? setiap perusahaan jasa boga memiliki spesialisasi dlm hal ini.
Kedua,,,,tanya teman. Tanyakan kpd teman atau kenalan anda yg telah pernah menyewa perusahaan jasa boga,,,soal pelayanan jasa bersangkutan,,,mulai dari paket menu,,,,harga,,,,penyajian menu,,,hingga cita rasa menu.
Ketiga,,,,mengetes langsung (jangan sungkan meminta sampel makanan dari pihak perusahaan jasa boga tsb.)
Keempat,,,,lakukan perjanjian tertulis.
Kelima,,,pilih yg telah memiliki sertifikasi.



CHECK & CHECK LAGI

Hari H hampir tiba. Boleh jadi perasaan pasangan pengantin mjd campur aduk. Ada ketegangan,,,kecemasan,,,kegembiraan,,,,dan kebahagiaan. Wajar saja,,,,maklumlah,,,,kita sedang menanti hari bersejarah dlm hidup. Lalu,,,,sambil menunggu detik2 penting itu tiba,,,,apa yg bisa dilakukan??

> 1 minggu sblm hari H: menghubungi pihak catering utk memastikan kesiapan mereka, melakukan konfirmasi kpd semua pihak yg akan m'dukung acara pernikahan,,,,menyusun jadwal acara & menyerahkannya kpd semua pihak yg akan m'dukung acara pernikahan, bila perlu lakukan gladiresik, pastikan jumlah kursi utk para tamu & undangan,, lakukan acara pertemuan khusus dg para kerabat dari luar kota yg mungkin telah berdatangan, memastikan pakaian.
> 1 hari menjelang hari H: Persiapkan stamina,,,,energy,,,dan kesehatan (hehehe,,,jd inget slh 1 game online yg ada d facebook)


yups,,,,sekian tips kali ini (semoga bisa jd tips bwt diri sendiri jg,,,,hehehe lg) ^^

Sumber: Buku 'Jurus Kilat Siap-siap Resepsi'




2 comments:

  1. Hi... Temans
    Buat yang lagi malas kemana-mana, mending cuci mata yuk ke www.ipopscollections.com or http://tokotaskw1.blogspot.com kenapa, karena di sana matamu akan dimanjakan dengan barang branded, terutama buat kamu kamu yang punya selera tinggi or higg fashion...
    Tas tas branded seperti: Lousi Vuitton, Chanel, Hermes, Prada, Tod's, Gucci , Burberry bisa kamu dapatkan dengan harga MURAH
    Selain itu juga ada Jam Tangan Branded juga.... seperti Jam Tangan Tag Heure, Chopard, Gucci, Hublot, Bvlgari, Guess Collections dll...

    Oh ya, buat kamu yang suka or hobby bisnis, kami juga terbuka loh buat reseller :)
    Menyenangkan bukaaan??? yuuuuk mampir ...

    Cheers,
    Poppy

    ReplyDelete