Wednesday, December 5, 2012

Pengalaman Mengajar si Dosen Junior



Aktivitas mengajar di perguruan tinggi, adalah aktivitas yang aku idamkan sejak SMA. Saat ditanya cita-cita ketika aku TK hingga SMP, aku menjawab 'dokter'. Namun Cita-citaku berbelok untuk menjadi seorang dosen ketika aku duduk di bangku SMA. Hingga kuliah, aku tetap memegang teguh cita-citaku yang ingin menjadi seorang dosen.

Pada tahun 2010, aku pulang ke Jambi tanah kelahiranku. Tadinya aku berharap untuk dapat menjadi dosen di salah satu Universitas negeri di jambi ini. Taqdir berkata lain, karena formasi dosen statistika di tahun 2010 tidak dibuka oleh Rektor yang sedang menjabat kala itu. Selanjutnya, tidak ingin membuang waktu dan kesempatan, aku pun mengikuti test CPNS. Ternyata aku lulus test CPNS dan ditempatkan di Unit Kerja Bappeda kab. Batang Hari.

Aku bersyukur, cita-citaku menjadi dosen di Universitas negeri memang tidak tercapai, namun Allah swt memberiku dua pekerjaan. Dalam kiprahku di Bappeda Kab. Batang Hari, aku ditawari utk mengajar di STIE Graha karya Muara Bulian, yang merupakan salah satu Sekolah Tinggi asuhan Yayasan Pendidikan Serentak Bak Regam. Pengalaman mengajar pertama kali, aku dipercaya untuk mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian di empat kelas, kelas Reguler dan kelas malam. Semester berikutnya suami tercinta tidak mengizinkan aku untuk ngajar malam, akhirnya aku memilih untuk mengajar 1 kelas pagi dan 2 kelas sore, dengan mata kuliah kala itu Statistika 2 (Lanjutan). Semester berikutnya hingga saat ini aku mengajar statistika 1 dan statistika 2 dengan total kelas yang kuasuh sebanyak 4 kelas, 2 kelas pagi dan 2 kelas sore.

Banyak hal-hal unik yang aku alami ketika mengajar, dan aku memperoleh kesimpulan bahwa, kesuksesan mengajar tergantung sejauh mana kita mempersiapkan bahan ajar. Jika bahan ajar tidak kita siapkan sebelumnya, hal ini akan merugikan mahasiswa. Bahkan ketika kita memutuskan untuk mengarahkan mahasiswa berdiskusi kelompok, kita juga harus sudah siap dengan tema-tema apa saja yang harus digarap mahasiswa.

Kurasa sedari dulu, aku adalah orang yang suka memotivasi orang-orang di sekitarku. Nah, saat ini mungkin lebih spesifik, aku memotivasi mahasiswa/i STIE-GK yang belajar statistika 1 & 2 dengan cara, menyiapkan awards dan rewards yang variatif untuk mereka yang aktif, rajin, bernilai baik, dan dominan (secara positif) di kelas.

Untuk meningkatkan fokus mahasiswa, aku menetapkan pemberian point tambahan bagi mahasiswa yang duduk di baris depan dan baris kedua. Hal ini mengingat mahasiswa yang duduk di belakang lebih sering mengobrol dan tertawa-tawa saat dosen menerangkan bahan ajar.

Ada kalanya aku menugaskan mahasiswa untuk presentasi individu di depan kelas secara bergantian, lalu aku memberikan tanggapan dan penilaian layaknya juri kompetisi/ajang-ajang pencarian bakat yang tengah marak di Televisi. Ada kalanya pula aku memberikan pertanyaan dengan memilih siswa secara random (misalnya dengan melempar permen, yang terkena permen, mau tak mau harus menjawab pertanyaan, jika berhasil diberi hadiah dan jika gagal/salah menjawab, dikurangi pointnya). Semua itu kulakukan untuk menyemangati mereka dalam belajar statistika yang sering dianggap sebagai mata kuliah pembuat pusing dan mual.

Hingga saat ini aku masih berupaya belajar dan mencari trik-trik khusus demi menunjang keberhasilanku dalam mengajar. Saat ini, aku baru sebatas memvariasikan kelas menjadi 2 lingkup saja, yaitu Kelas dan laboratorium Komputer. Suatu saat mungkin aku harus kreatif untuk mengarahkan mahasiswa belajar outdoor. Aku masih berusaha berinovasi. Saat ini dosen-dosen STIE sedang digenjot untuk berpartisipasi melengkapi persyaratan untuk akreditasi BAN-PT. Aku juga harus terus berusaha. Hm, ada niatan juga untuk melebarkan sayapku mengajar di berbagai perguruan tinggi swasta lainnya, tapi untuk saat ini, aku harus meningkatkan kualitas manajemen waktuku.

Satu hal yang terpenting adalah, aku harus menjaga semangatku. Semangat untuk ikut ambil bagian mencerdaskan bangsa. Berkiprah dan ikut andil dalam ranah pendidikan di Bumi Serentak bak Regam ^_^

No comments:

Post a Comment