Sunday, January 15, 2012

Pertanian & Entrepreneur: solusi masalah Pengangguran

Pengangguran berpotensi menimbulkan kerawanan berbagai masalah kriminal dan gejolak sosial, politik, dan kemiskinan bila tidak ditangani dengan baik. Untuk itu penanggulangannya perlu terkoordinasi dan melihat berbagai macam aspek. Pemerintah perlu memusatkan perhatian ke sektor pertanian sbg sektor yg mampu menyerap tenaga kerja yg banyak. Selain itu juga utk menanggulangi ancaman krisis pangan dunia. Indonesia tidak perlu malu utk kembali sbg negara agraris.

Pelarangan pengiriman TKI ke Arab Saudi, Kuwait, dan Yordania khusus untuk penata laksana rumah tangga (PLRT) yg berlaku efektif sejak tgl 1 agustus 2011 lalu, diharapkan mjd bentuk perlindungan pemerintah thd warganya.

Setiap penganggur diupayakan memiliki pekerjaan yg layak bagi kemanusiaan. Oleh karena itu, negara hrs mengambil peran secara aktif utk menyediakan lapangan pekerjaan. Dan dg partisipasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, pemerintah perlu menjadikan penanggulangan pengangguran mjd komitmen nasional. Salah satunya memarakkan pertumbuhan entrepreneur.

sumber: Majalah Perencanaan Pembangunan

No comments:

Post a Comment