Tuesday, August 23, 2011

Dari Ombak Dihasilkan Listrik

MINESTO, PEUSAHAAN MULTINASIONAL ASAL SWEDIA masih terus mengembangkan teknologi pembangkit listrik dari arus laut atau ombak. Baru-baru ini, perusahaan yang turut mengembangkan industri pesawat terbang saat itu, menanamkan modal sekitar AS$ 2,5 juta untuk pusat listrik tenaga ombak yang lebih canggih. Kali ini tenaga ombak yang ditangkap ada di dasar laut.

Turbin penangkap gelombang laut yang dikembangkan, berbentuk mirip layang-layang. Sayapnya berukuran 12 m dan di bawahnya terpasang turbin sebesar 1 m yang mampu menghasilkan tenaga listrik 500 kiliwatt. Agar tidak hanyut, layang-layang ditambatkan pada dasar laut dengan kabel sepanjang 100 m, sehingga bisa mengikuti arah arus ombak.

Prinsip kerja pembangkit listrik ini sebenarnya mirip dengan pembangkit listrik dihasilkan oleh perputaran turbin. Tapi keunggulannya, arus laut lebih mudah diprediksi, sementara angin bisa saja suatu saat tidak berembus sama sekali. Tapi harap bersabar, layang-layang penangkap ombak baru akan diuji cobakan pada 2011 di Strangford Lough, Country Down, Irlandia bagian Utara. Jika berhasil, pengelolaannya akan ditangani oleh Sea-Gen, perusahaan asal Inggris untuk energi terbarukan. Diprediksi empat tahun setelah percobaan ini, layang-layang penangkap ombak sudah bisa beroperasi secara komersial.


Sumber: Majalah Intisari

No comments:

Post a Comment